Minggu, 03 Oktober 2010

Terpecahkan, Formasi Batu Aneh di Mars



(istimewa)

Batu terjal di Mars yang berserak di beberapa wilayah dan menunjukkan formasi aneh menjadi teka-teki bagi ilmuwan selama bertahun-tahun. Tapi kini mereka sudah punya jawabannya.

Peneliti penyimpulkan batuan itu terangkat karena angin yang sangat kencang yang terjadi di Mars pada masa lampau.

Meskipun Mars merupakan planet yang berangin, tapi atmosfernya sangat tipis. Itulah sebabnya sulit bagi angin untuk membawa batu, sehingga bebatuan di Mars menunjukkan formasi dengan pola tertentu dan dianggap misterius.

Jon Pelletier, geoscientist dari universitas Arizona di Tucson mengatakan batu secara konstan terus bergerak. Selain itu juga berputar di dalam angin dan membuat formasi tertentu.

Hasil penelitian Jon Pelletier dan sejawatnya itu dipublikasikan di edisi Januari journal Geology.

Dalam penelitiannya Pelletier menguji coba dengan tiga model komputer. Model berupa aliran udara, erosi pasir serta pergerakan bebatuan. Kemudian dia membandingkan hasil permodelan itu dengan jarak antar masing-masing bebatuan dengan foto Mars yang diambil oleh wahana eksplorasi Mars, Spirit. Pola bebatuan itu serupa dengan yang diperkirakan.

sumber : http://www.inilah.com/news/read/teknologi/2009/01/13/75327/terpecahkan-formasi-batu-aneh-di-mars/

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

About Me

tricity
Kami menyediakan aneka produk untuk rumah seperti handle pintu, kunci, ramskar, hak angin, engsel, dll yang terbuat dari bahan kuningan, steinless, batu marmer, kayu, dll. Untuk pemesanan hubungi 081904640666, 08122564789, 0295474412
Lihat profil lengkapku

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers