Minggu, 05 Mei 2013

Robot Berhasil Temukan Artefak Misterius di Kuil Kuno


detail berita
(Foto: Nbcnews)
MEXICO CITY - Ratusan artefak misterius ditemukan di bawah situs Temple of the Feathered Serpent. Situs tersebut merupakan piramida kuno bertingkat yang berjarak 30 mil dari ibu kota Meksiko.

Dilansir Nbcnews, Rabu (1/5/2013), artefak ini merupakan bola misterius yang ditemukan selama penggalian arkeologi dengan bantuan robot. Robot yang mampu bergerak dalam area berbatu ini dilengkapi kamera dan menjelajah lingkungan yang tak bisa dijangkau manusia.

Robot dengan panjang 3 kaki ini membantu arkeolog dan dikendalikan dari jarak jauh. Aksi robot itu membantu tim dalam eksplorasi arkeologi di salah satu bangunan paling penting di kota pra-Hispanic Teotihuacan.

"Mereka terlihat seperti bola kuning, tetapi kita tidak tahu maknanya. Ini penemuan yang belum pernah terjadi sebelumnya," tutur arkeolog Jorge Zavala dari National Anthropology and History Institute Meksiko.

Reruntuhan Mesoamerican Teotihuacan ini merupakan Situs Warisan Dunia, yang menjadi salah satu pusat perkotaan terbesar. Diduga situs ini didirikan sekira 100 tahun sebelum masehi dan pernah dihuni oleh penduduk kuno yang berjumlah 100 ribu orang pada masa puncaknya.

Robot yang membantu arkeolog ini bernama Tlaloc II-TC dan dilengkapi kamera inframerah serta laser pemindai. Laser tersebut digunakan untuk menghasilkan visualisasi 3D di ruang yang terletak di bawah kuil.

"Robot itu bisa masuk di bagian terowongan yang belum dijelajahi. Robot menemukan tiga ruang yang berjarak antara 100 dan 110 meter dari pintu masuk," jelas arkeolog Sergio Gómez Chávez.

sumber 

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

About Me

tricity
Kami menyediakan aneka produk untuk rumah seperti handle pintu, kunci, ramskar, hak angin, engsel, dll yang terbuat dari bahan kuningan, steinless, batu marmer, kayu, dll. Untuk pemesanan hubungi 081904640666, 08122564789, 0295474412
Lihat profil lengkapku

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers